09 April 2013

Pada artikel ini, kita akan membuat sebuah aplikasi Android yang akan menampilkan lokasi saat ini di Google Maps menggunakan Google Maps API V2 Android.
Karena Peta Google ditampilkan menggunakan SupportMapFragment , aplikasi ini dapat berjalan di Android API Tingkat 8 atau di atas.
Untuk menggunakan MapFragment untuk Google Maps, kita perlu perangkat Android dengan API tingkat 12 atau di atas.
Aplikasi ini dikembangkan di Eclipse 4.2.1 dengan ADT Plugin (21.0.0) dan Android SDK (21.0.0). Aplikasi ini diuji dalam Telepon Android nyata dengan Android (2.3.6).
Sebuah metode alternatif untuk aplikasi ini tersedia di Menampilkan lokasi saat ini menggunakan OnMyLocationChangeListener di Google Map Android API V2

1. Download dan mengkonfigurasi Google Play Layanan Perpustakaan di Eclipse
Google Map untuk Android sekarang terintegrasi dengan layanan Google Play. Jadi kita perlu menyiapkan Google Perpustakaan Layanan Putar untuk mengembangkan aplikasi Google Map di Android.
Silakan ikuti link yang diberikan di bawah ini untuk setup perpustakaan Layanan Google Play di Eclipse.

2. Membuat Aplikasi Android Proyek baru yaitu "LocationInGoogleMapV2"
3. Konfigurasi Proyek Aplikasi Android
4. Desain Aplikasi Launcher Icon
5. Membuat aktivitas kosong
6. Masukkan Main Rincian Kegiatan
7. Link ke Perpustakaan Layanan Google Play
8. Dapatkan kunci API untuk Google Maps API v2 Android 
Kita perlu mendapatkan kunci API dari Google untuk menggunakan Google Maps dalam aplikasi Android. Silakan ikuti link yang diberikan di bawah ini untuk mendapatkan kunci API untuk Google Maps API v2 Android.
9. Tambahkan Dukungan perpustakaan Android untuk proyek ini
Secara default, Android dukungan perpustakaan (android-support-v4.jar) ditambahkan ke proyek ini dengan Eclipse IDE ke libs direktori. Jika tidak ditambahkan, kita dapat melakukannya secara manual dengan melakukan langkah-langkah berikut:
  • Buka Project Explorer dengan mengklik "Window -> Show View -> Project Explorer"
  • Klik kanan proyek ini
  • Kemudian dari popup window, klik "Android Tools -> Add Library Dukungan"
10. Perbarui file AndroidManfiest.xmlCatatan: Pada kode diatas, ganti "YOUR_API_KEY" dengan kunci api, Anda dihasilkan pada langkah 8.
11. Memperbarui tata letak file untuk menampilkan Google Map menggunakan SupportMapFragment12. Memperbarui file src/in/wptrafficanalyzer/locationingooglemapv2/MainActivity.java13. Aktifkan GPS di perangkat dari Pengaturan
14. Menjalankan aplikasi
15. Download Source Code

Read More klik disini

- Copyright © BK Venture-